Kabupaten Blitar Dapat Jatah 469 Formasi CPNS 2018

Kabupaten Blitar Dapat Jatah 469 Formasi CPNS 2018
ILUSTRASI: Rekrutmen CPNS tahun 2018. GRAFIS: KEMENPANRB

BLITAR | PETAPORTAL-Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menetapkan sebanyak 469 forrmasi  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Blitar dalam rekrutmen tahun 2018. Jumlah ini jauh dari kuota yang diusulkan sebelumnya yakni 3.000 formasi.

Kepastian itu diterima setelah Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Blitar melakukan rapat koordinasi dengan Menpan RB di Jakarta untuk membahas mengenai rencana pendaftaran CPNS tahun 2018.

"Pendaftaran CPNS akan dimulai pada 19 September mendatang. Dari hasil rapat (dengan Menpan RB) tersebut diputuskan untuk Kabupaten Blitar mendapat jatah 469 formasi CPNS dari berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, umum dan khusus," terang Kepala BKPSDM Pemkab Blitar, Senin (10/09/2018) siang.

Berkaitan itu, sambung Mashudi, pihaknya akan segera menindaklanjutinya dengan melakukan sosialisasi dan beberapa langkah yang disesuaikan dengan standar operasional dari pemerintah pusat. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat kordinasi kembali dengan Kemenpan RB untuk mengetahui teknis pelaksanaan pendaftaran CPNS secara detail. "Soal teknis pelaksanaan pendaftaran CPNS nantinya secara detail seperti apa akan kita koordinasikan lagi," tandas Mashudi.

Pada bagian lain dia kembali mewanti-wanti kepada masyarakat untuk tidak percaya dengan informasi atau iming iming dari pelbagai pihak soal bantuan agar bisa dijadikan sebagai PNS. Mashudi memastikan untuk proses pendaftaran CPNS tahun ini akan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

"Nah, ini yang paling penting. Atinya momen-momen seperti ini diindikasikan bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Jadi masyarakat jangan percaya kepada siapapun yang menjanjikan bisa meloloskan menjadi PNS," tandas Mashudi.

Sebagai informasi, Kemenpan RB menegaskan total formasi CPNS 2018 sebanyak 238.015 orang. Jumlah ini terbagi dua yakni instansi pusat dan instansi daerah. Nantinya, di pusat akan terbagi menjadi 76 instansi dengan total formasi sebanyak 51.271 orang. Sedangkan untuk daerah akan terbagi menjadi 525 instansi dengan jumlah formasi sebanyak 186.744 orang.

Instansi pemerintah daerah tersebut terdiri dari 88.000 guru kelas dan mata pelajaran, 8.000 guru agama, 60.315 formasi tenaga kesehatan (dokter umum, dokter gigi dan tenaga medis/paramedis) dan 30.429 formasi tenaga teknis yang diisi dari pelamar umum. Kemenpan RB menegaskan, informasi resmi mengenai CPNS 2018 hanya pada situs pemerintahyaitu www.menpan.go.id, www.bkn.go.id, dan www.sscn.bkn.go.id. []

 

Bagikan melalui: