Lantunan Serat Ambyo Sempurnakan Malam Tirakatan HUT Blitar

Lantunan Serat Ambyo Sempurnakan Malam Tirakatan HUT Blitar
TRADISI: Sehari sebelum ritual Pisowanan Agung Pemkab Blitar menggelar malam tirakatan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Minggu (04/08/2019).

BLITAR | PETAPORTAL-Pemkab Blitar menggelar malam tirakan sehari sebelum ritual Pisowanan Agung, Minggu (04/08/2019), di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Selain Bupati Blitar Rijanto bersama seluruh OPD, malam tirakatan menjadi lebih spesial dengan kehadiran Majelis Ambyo Kabupaten
Blitar.

"Ini merupakan agenda rutin yang selalu kita lakukan setiap tahun dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar.
Malam ini kita lakukan malam tirakatan sekaligus juga dioa bersama," kata Rijanto.

Menurut dia, setiap malam tirakatan juga rutin dilaksanakan pembacaan Serat Ambyo oleh perkumpulan Ambyo yang ada di Kabupaten Blitar.

Dia juga menegaskan, kegiatan pembacaan Serat Ambyo akan terus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang dimakan zaman karena
tidak setiap daerah memiliki tradisi yang sama seperti di Blitar.

"Tidak semua kabupaten memiliki Serat Ambyo. Untuk itu harus terrus dijaga dan dilestarikan kaena ini adalah sarana sillaturahim antara ulama dan umaro. Selain itu, juga wujud syukur atas limpahan rahmat Allah SWT yakni kesejahteraan dan ketrentaman yang diberikan kepada masyarakat dan Pemkab Blitar,” ungkap Rijanto.

Dia juga berharap dengan adanya kegiatan malam tirakatan bisa menjadikan Blitar semakin tentram, sejahtera, kondusif dan maju
berdaya saing. ||

Bagikan melalui: