Masuki Purna Tugas, PNS Dapat Keahlian Baru

Masuki Purna Tugas, PNS Dapat Keahlian Baru
Kirim. Bupati Blitar, Rijanto saat membuka acara untuk PSN yang akan pensiun di bekali ketrampilan baru. Foto: ALIVIA/PETAPORTAL

BLITAR | PETAPORTAL - Sebanyak 566 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Blitar pada tahun 2020 mendatang akan purna tugas atau pensiun. Sehingga, ratusan PNS ini wajib mengikuti pelatihan kerja di balai pelatihan kerja di wonojati malang. Pada Senin (17/06/2019) secara resmi Bupati Blitar telah memberangkatkan ratusan PNS tersebut.

"Bagi PNS yang akan purna tugas atau pensiun memang wajib untuk mengikuti berbagai pelatihan atau bimtek. Dan sebanyak 566 PNS ini sudah resmi saya berangkatkan untuk mengikuti pelatihan atau bimtek di balai pelatihan kerja di Wonojati Malang," jelas Bupati Blitar Rijanto, Senin (17/06/2019).

Bupati Blitar Rijanto menjelaskan, kegiatan orientasi persiapan pensiun atau pembekalan PNS di lingkup Pemkab Blitar adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan. Karena keterbatasan anggaran, dalam kegiatan ini tidak bisa mengikutsertakan seluruh PNS yang akan pensiun di tahun 2020. Sehingga untuk tahun ini lebih diutamakan yang berangkat adalah PNS yang menjabat dalam jabatan pelaksana atau staf.

"Tetapi kami juga memohon maaf karena dengan adanya keterbatasan anggaran, maka kegiatan pelatihan tidak bisa mengikutkan seluruh PNS yang akan pensiun di tahun 2020 dan lebih diutamakan PNS yang memiliki jabatan sebagai pelaksana atau staf saja," tegasnya.

Menurut Bupati Blitar Rijanto, nantinya peserta akan diberikan pelatihan agrobisnis yang meliputi bidang pertanian, perikanan, dan pengolahan hasil pertanian serta kunjungan lapangan. Selain itu, juga akan diberikan motivasi atau pencerahan yang dilakukan oleh motivator khusus terkait dengan kesiapan setelah nanti purna tugas dari PNS.

"Banyak sekali pelatihan yang akan diterima utamanya bidang agribisnis, selain itu juga akan ada motivasi yang dilakukan oleh motivator tentang kesiapan menghadapi purna tugas nanti," tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar Mashudi mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahun sekali, dan Pemkab Blitar telah bekerja sama dengan Balai Pelatihan Kerja Wonojati Malang.

"Pemkab Blitar sebelumnya sudah bekerja sama dengan balai pelatihan kerja di Wonojati malang ini," terangnya.[HMS/ADV]

Bagikan melalui: