Rijanto Inisiasi Pemkab Blitar Bebas Balistik

Rijanto Inisiasi Pemkab Blitar Bebas Balistik
Kampanye Balistik. Bupati blitar dan jajaran forkompinda kabupaten Blitar memimpin acara kampanye libas sampah pasltik di ruang terbuka hijau Wlingi Kabupaten Blitar. Foto : PETAPORTAL/ALIVIA

BLITAR | PETAPORTAL – Bupati Blitar, Rijanto meminta pada jajaran OPD di kabupaten Blitar agar serius untuk memerangi limbah sampah plastik. Kesempatan ini disampaikan saat melakukan launching progam Balistik (Blitar libas sampah plastik) di ruang terbuka hijau Kanigoro Blitar.

Kampanye untuk melibas sampak plastik ini dimulai dengan senam tera dilanjut dengan penyerahan hadiah pemenang lomba Videografi, Desain Poster dan Fotografi. Di akhir acara juga melibatkan generasi milenial dengan pertunjukan drama kolosal bertema Balistik yang diperankan oleh siswa siswi SMPN 1 Kanigoro dengan penampilan sepesial dari Kresekman serta pertunjukkan Fashion show dengan gaun daur ulang.

Dalam sambutanya Bupati Blitar Rijanto, menyampaikan keprihatinnanya terhadap sampah plastik yang hingga saat ini menjadi permasalahan besar lingkungan, kebiasaan membuang sampah sembarangan masih dilakukan oleh masyarakat. Dia sepakat menyelamatkan bumi dari polusi sampah plastik dan menyelamatkan generasi muda dengan mengurangi penggunaan bahan plastik.

“Pemkab sudah mengeluarkan inspeksi untuk mengurangi sampah plastik, Kita arahkan pada toko-toko modern seperti indomart dan lainnya supaya mengurangi penggunaan plastik,” Katanya. Dirinya juga menambahkan sebagai pemerintah setiap OPD juga di wajibkan untuk turut serta dalam upaya pengurangan sampah plastik. Masing – masing OPD harus memberikan contoh pada masyarakat terkait pengurangan limbah yang disebabkan oleh bahan plastik ini.

Selain itu Rijanto  berharap masyarakat pasar modern ataupun di pasar tradisional membawa kantong sendiri. Dengan begitu maka sampah plastik dapat ditekan persebaranya.  Pihaknya juga menyarankan untuk pegawai pemerintah maupun masyarakat umum dengan memakai tumbler atau botol isi ulang untuk semua aktivitas keseharian.

“Kalau pemakaian  botol minum tumbler bisa diikuti semua, peredaran sampah plastik di daerah kita akan berkurang, atau jika perlu bawa kantung sendiri setiap pegawai agar setiap kali belanja sampahnya plastik tidak ikut pulang,” jelasnya.

Acara launching Balistik (Blitar Libas Sampah Plastik) dalam rangka hari jadi Blitar ke- 695, HUT Kemerdekaan RI ke- 74 dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019. Acara yang dikemas launcing bersama ini dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar. Turut hadir, Sekretaris Daerah Kab. Blitar Totok Subihandono, Kaplores Blitar, Kapolres Blitar Kota, Kodim 0808, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar, dan Kepala BNN Kab. Blitar.[]

Bagikan melalui: