Rijanto : Pemkab Blitar Wajib Hadir Ditengah Peternak Blitar

Rijanto : Pemkab Blitar Wajib Hadir Ditengah Peternak Blitar
Buka Audiensi. Bupati Blitar, Rijanto saat membuka acara audiensi dengan peternak dan perguruan tinggi tentang persaingan usaha ternak. Foto : PETAPORTAL/ALIVIA

BLITAR | PETAPORTAL -  Bupati Blitar Rijanto memandang perlu Pemerintah Daerah (Pemda) Blitar untuk hadir ditengah – tengah para peternak Blitar. Fasilitasi peningkatan peternakan tersebut menjadi salah satu agenda dalam peningkatan pengendalian inflasi daerah.

Komitmen Pemkab Blitar ini disampaikan langsung olah orangnomer satu di kabupaten Blitar saat mengelar acara audiensi terkait persaingan usaha bidang peternakan. Rijanto dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan perlunya gerakan kita kompak. Gerakan kita kompak didalamnya terdapat Koperasi yang saat ini masih berkisar jumlah 400 orang. Dalam koperasi tersebut yang akan menampung anggota dan menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi dalam dunia peternakan.

 “Untuk mengurai masalah peternakan yang harus diperkuat adalah koperasi. Meski sudah ada tapi belum maksimal, harus didorong terus. Kalau kita kompak masalah akan selesai, kalau koperasi kuat maka masalah besar akan selesai, dan Pemerintah harus mengayomi peternak dengan menyusun perda tentang peternakan,” tutur politisi asal PDIP ini saat dijumpai wartawan.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Tuti Komaryati, mengatakan bahwa perlunya Dinas Peternakan Kabupaten Blitar untuk mengumpulkan dan membina para peternak dalam wadah koperasi. Selain untuk membantu pengendalian inflasi, juga memudahkan pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan.

Tuti juga mengatakan bahwa akan ada program pelatihan kerjasama Pemkab Blitar dengan USAID (The United States Agency for International Development) selama enam (6) bulan khusus untuk peternak wanita, dengan usia 19-30 tahun. Nantinya, pelatihan ini akan dibuka secara online dan diinformasikan secara terus menerus dengan jumlah kuota 500 orang untuk daerah Jawa Timur.

Sementara itu turut hadir dalam acara tersebut selain Bupati Blitar, Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA penggagas dan inisiator Sekolah Peternak Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Dra. Tuti Komaryati., M.M dengan moderator Plh (Pelaksana Harian) Sekretaris Daerah Drs. Mahadin, CU, MM , serta beberapa OPD terkait dan 120 lebih peternak di Kabupaten Blitar.[ADVETORIAL]

Bagikan melalui: