Tahun ini PNS Pemkab Blitar Rayakan Lebaran Tanpa THR

Tahun ini PNS Pemkab Blitar Rayakan Lebaran Tanpa THR
ILLUSTRASI: PNS Pemkab Blitar

BLITAR | PETAPORTAL-Pemkab Blitar sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 40 miliar untuk membayar tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke 13 untuk para PNS. Hanya saja, sangat mungkin para PNS lingkup Pemkab Blitar dalam merayakan Idul Fitri tahun ini tidak akan menerima THR.

Kali pertama berlebaran bagi PNS tanpa mengantongi THR kali ini karena untuk mencairkannya harus menggunakan payung hukum yang namanya peraturan daerah (perda). Sebab tanpa adanya perda, THR dan gaji ke 13 baru bisa cair setelah lebaran.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Pemkanb Blitar Kusna Lindarti mengungkapkan, mengingat penyusunan perda tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat maka otomatis pencairan kedua tunjangan tersebut akan molor.

"Sangat mungkin dicairkan (THR) setelah lebaran, " ujar Lindarti sembari menegaskan dari sisi anggaran tidak ada persoalan lantaran dari semula memang sudah dialokasikan di APBD 2019.

Permasalahannya, sambung dia, peraturan pemerintah mengamanatkan adanya perda untuk dapat mencairkan THR. Tanpa perda THR tidak bisa dicairkan. "Persoalannya menyusun perda harus melalui paripurna legislatif dulu, dan waktunya tidak sebentar," tutur Lindarti

Dia menyebut, kebijakan THR tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 pencairan THR cukup memakai dasar peraturan menteri keuangan (PMK).Dalam persoalan ini Pemkab Blitar masih menunggu hasil konsultasi dari pemerintah pusat.

"Jadi intinya jika peraturannya tidak diubah atau direvisi, pencairan THR bisa tidak tepat waktu," kata Lindarti. []

Bagikan melalui: