Tradisi Pemkab Blitar Gelar Ziarah Pangeran Samber Nyawa

Tradisi Pemkab Blitar Gelar Ziarah Pangeran Samber Nyawa
Ziarah. Seluruh OPD saat melakukan ziarah ke makam pangeran Sambernyawa di wilayah Matesih Jawa Tengah. Foto : PETAPORTAl/Dokumen

BLITAR | PETAPORTAL – Setidaknya setiap satu tahun sekali pemerintah kabupatenBlitar berserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengelar ziarah ke pangeran Samber Nyawa. Meski letaknya berada di daerah Jawa Tengah, namun keberadaan pangeran Samber Nyawa erat kaitannya dengan mitos berdirinya wilayah Blitar.

Blitar sendiri secara geopolitik terletak diwilayah selatan Jawa secara istilah masih dekat dengan kerabat mataraman. Mataraman sendiri merupakan istilah yang berasal dari wilayah kerajaan mataram yang berpusat di daerah Solo Jawa Tengah. Bupati Blitar Rijanto mengatakan tradisi turun temuru ini sudah dilakukan lama sejak pemerintahan terdahulu. Setiap tahun sekali semua jajaran pemerintah dan OPD melakukan ziarah makam pangeran Samber Nyawa. “Ini sudah dilakukan secara turun temurun kami melakukan ziarah ini, sebab masih erat kaitanya dengan pemerintahan di Blitar,” ulasnya pada wartawan.

Rijanto berharap dengan hadirnya acara sambang leluhur ini diharapkan Blitar akan mewarisi semangat dan tradisi yang melakat pada sosok pangeran Samber Nyawa. Sebab dikisahkan jika pangeran Samber Nyawa merupakan sosok yang kecilnya bernama Raden Mas Said, berkat kepiawaiannya dalam berperang dan selalu melumpuhkan musuhnya, Raden Mas Said mendapat julukan Pangeran Samber Nyawa. Inspirasi ini harus tertanam kuat disetiap aparatur pemkab Blitar dalam melakukan pelayanan. Sehingga dengan begitu dalam setiap jiwa ASN tertanam kuat semangat pangeran Samber Nyawa yang merupakan kerabat dekat dengan wilayah mataraman yang berada di Blitar.

“Perjuanganya dalam melakukan perlawanan atas ketidakadilan itulah yang perlu menjadi inspirasi untuk kita semua,” tegasnya.

Acara ziarah leluhur ini di pimpin langsung oleh Bupati Blitar bersama rombongan yakni Sekda Kabupaten Blitar, Asisten dan Kepala OPD Kabupaten Blitar serta didampingi Istri tercinta Hj. Ninik Rijanto melakukan ziarah atau nyekar sebagai tradisi mengenang jasa Pangeran Sambernyawa berlokasi di Astana Mangadeg, Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih, Karanganyar Jawa Tengah. Selain itu, ketaladanannya juga memberikan semangat dan inspirasi untuk membangun Blitar lebih baik lagi.[ADVETORIAL]

Bagikan melalui: