Wabub Marhaenis, UMKM Harus Sinergi Dengan Tehnologi

Wabub Marhaenis, UMKM Harus Sinergi Dengan Tehnologi
Tehnologi. Wakil Bupati Blitar Marhaenis saat melihat salah satu aplikasi yang dapat mensinergikan antara pedagang UMKM dan kemajuan teknologi. Foto : PETAPORTAL/ALIVIA

BLITAR | PETAPORTAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus berupaya untuk mensejahterakan masyarakat nya, terutama bagi mereka yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan lain lain. Selain itu, juga berupaya untuk mengurangi angka pengangguran yakni dengan cara melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yaitu Buka Lapak.

Kegiatan kerja sama ini salah satunya adalah pembukaan atau launching Kampung Wirausaha online tepatnya di Desa Gogolatar Kaweron Talun Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo,
yang didampingi oleh didampingi Associate Vice President of Public Policy & Government Relation Bukalapak Bima Laga, Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri.

Secara resmi pada Senin (11/03) Wakil Bupati Blitar melaunching Kampung Wirausaha Online ini yang ditandai dengan menekan tombol sirine yang telah di siapkan. Dalam sambutannya Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada Buka Lapak yang telah binaan dan bimbingan terutama kepada anak anak muda yang ada di Kabupaten Blitar dan bisa menghadirkan Buka Lapak yang dikelola langsung oleh pemuda pemudi Blitar, salah satunya terselenggaranya kegiatan ini.

"Saya atas nama Pemkab Blitar dan atas nama pribadi sangat mengapresiasi Buka Lapak yang telah berperan besar dalam pengembangan UMKM Di Kabupaten Blitar. Ini terbukti telah memberikan lapangan pekerjaan bagi anak anak muda, sehingga secara perlahan lahan bisa mengurangi angka pengangguran," ungkapnya, Senin (11/03).

Kata Marhaenis, di Kabupaten Blitar jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat ini mencapai 255.622 dan 219.221 diantaranya masuk usaha mikro. Dimana mereka sangat membutuhkan bimbingan dan binaan agar bisa memasarkan produknya secara mudah dan bisa meluas serta dikenal banyak orang.

"Alhamdulilah jumlah UMKM di Kabupaten Blitar itu sangat banyak sekali, jadi dengan adanya bentuk kerja sama dengan Buka Lapak ini. Maka, mereka secara bertanggung bisa mendapat binaan dan bimbingan agar bisa memasarkan produk secara meluas dan paham betul akan perkembangan teknologi," katanya.

Lanjut Marhaenis, adanya kerja sama ini banyak manfaat yang didapat, salah satunya adalah masyarakat Kabupaten Blitar akan semakin modern serta terus bisa mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.

Sementara itu, Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri, mengatakan Kampung Wirausaha Online ini nanti nya akan menjadi daerah percontohan bagi pengembangan wirausaha online di daerah yang dibina langsung oleh Komunitas Bukalapak Blitar.

"Dengan adanya kampung wirausaha online disini, maka bisa menjadi percontohan bagi pengembangan wirausaha online di daerah lainnya dan pastinya akan tetap dibina oleh Komunitas Buka Lapak Blitar," tuturnya.[HMS/ADV]

Bagikan melalui: