Zonasi PPDB 2018 SMP Kota Blitar: Ini Jadwal Pendaftaran dan Kuotanya

Zonasi PPDB 2018 SMP Kota Blitar: Ini Jadwal Pendaftaran dan Kuotanya
ILLUSTRASI: PPDB SMP tahun 2018. GOOGLE IMAGE DIOLAH

BLITAR | PETAPORTAL- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2018/2019 di Kota Blitar didasarkan pada tempat domisili dengan lokasi sekolah terdekat yang akan dituju atau menggunakan jalur zonasi.

Artinya, jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Dindin Alinurdin, mekanisme zonasi ini terbagi  ke dalam tiga wilayah yakni Kecamatan Sananwetan, Sukorejo dan Kecamatan Kepanjenkidul.

"Misalnya SMP 1 lokasinya di Kecamatan Kepanjenkidul. Otomatis pendaftar yang berasal dari warga kecamatan Kepanjenkidul mendapat prioritas pendaftaran," tutur Dindin saat ditemui di kantornya, Selasa (22/5/2018) pagi.

Menurut dia, PPDB ini dibagi menjadi dua jenis. PPDB secara zonasi dan non zonasi. Jika zonasi, pagu atau daya tampung PPDB sebesar 90 persen untuk warga Kota Blitar. Sementara ntuk non zonasi dikhususkan kepada calon pendaftar dari luar Kota Blitar, dengan besaran pagu 10 persen.

"Mekanisme non zonasi tersebut khusus diperuntukkan bagi pendaftar jalur prestasi. Baik warga dari Kabupaten Blitar maupun masyarakat di luar Blitar Raya," tegas Dindin.

Sebagai informasi, untuk jadwal pendaftaran peserta didik baru berdasarkan zonasi akan dibuka  25-26 Juni 2018 secara online.Sedangkan jalur non zonasi akan dibuka lebih awal yakni pada tanggal 4-5 Juni 2018 secara online juga.

"Mulai hari ini tadi sudah kami sosialisasikan teknis pelaksanaan PPDB kepada sekolah-sekolah. Selanjutnya untuk pelaksanaannya akan diberikan kewenangan kepada masing-masing sekolah," terangnya. []

Bagikan melalui: